Tentang Kami

Museum merupakan bentuk kristalisasi ilmu pengetahuan suatu bangsa. Semua ilmu pengetahuan yang diabadikan di Museum merupakan warisan ilmu pengetahuan dari generasi dulu kepada generasi kita dan generasi yang akan datang. Selain itu, Museum juga menjawab persoalan mendasar seputar pembelajaran yang menyenangkan, pariwisata edukaif, ilmu pengetahuan yang matang dan lain sebagainya.

Komunitas Edukasi Museum merupakan wadah bagi mereka yang mencintai Museum dan Ilmu pengetahuan Indonesia. Kami memiliki visi bahwa setiap lapisan masyarakat dapat mengenal jati diri bangsa Indonesia melalui Museumnya. Sebagaimana rasa sayang, kondisi tak dekat, tak kenal dan tak mengerti akan menimbulkan rasa sayang itu terkikis oleh waktu dan urusan-urusan nirperlu. Sehingga kami melakukan misi untuk bahu-membahu secara bersama untuk mendekatkan Museum dan Ilmu Pengetahuan kepada masyarakat luas.

Tanpa cinta dan penghargaan pada sejarah mereka sendiri, Indonesia akan terpecah dan orang-orang Indonesia akan hidup terkutuk selamanya di pinggiran dunia dunia yang menggelobal tanpa tahu siapa diri mereka sebenarnya dan akan kemana mereka pergi.

Adalah tugas genrasi muda untuk menghindari jangan sampai hal ini terjadi. Adalah tugas generasi lebih tua yang sekarang ada dalam posisi-posisi kepemimpinan untuk menyediakan sumber daya guna memastikan bahwa sejarah memiliki tempat terhormat dalam kehidupan bangsa.

(Peter Carey, 2014, Takdir: Riwayat Pangeran Diponegoro, 1785-1855).